Penyebab Osteoporosis pada Pria

Osteoporosis pada Pria memang kurang diperhatikan, alasannya yakni hingga ketika ini banyak orang beranggapan bahwa osteoporosis hanya menyerang wanita usia tua. Padahal Pria dengan usia diatas 50 juga berisiko tinggi mengalami patah tulang alasannya yakni osteoporosis. Dan banyak pria tida sadar bahwa mereka juga sangat berisiko terkena osteoporosis.

Banyak faktor risiko osteoporosis pada wanita, juga untuk pria. Namun, tentu pria menghadapi beberapa aspek unik sehingga menjadikannya sebagai Penyebab Osteoporosis pada Pria, yang diantaranya yakni sebagai berikut:

Usia pria diatas 50 tahun akan mulai kehilangan kepadatan tulangnya sekitar 0,5 hingga satu persen pertahun. Kondisi tulang yang terus-menerus melemah dan berkurangnya kemampuan untuk membangun selnya kembali menyebabkan tulang menjadi lemah.

Hilangnya hormon testosterone seiring dengan bertambahnya usia juga kuat terhadap hilangnya kepadatan tulang. Hal ini dikarenakan testosteron merupakan sumber dari sejumlah kecil estrogen yang dibuat oleh badan makan yang anda konsumsi.

Tidak menerima cukup kalsium dan vitamin D tentu menjadi tugas penting dalam kesehatan tulang. Kedua sat ini berperan penting untuk membangun tulang yang kuat, dan vitamin D membantu badan bisa menyerap kalsium dari makanan yang anda konsumsi. Untuk memenuhi kedua sat ini bisa didapatkan dari susu dan produk susu lainnya serta jus jeruk yang diperkaya dan sereal, pemanis dan tentu terkena sinar matahari yang cukup.

Merokok atau minum-minuman beralkohol merupakan aktifitas yang secara tidak eksklusif menjadi penyebab kepadatan tulang menurun.

Mengonsumsi obat-obatan tertentu, ibarat obat diabetes, depresi, rheumatoid arthritis, obat-obatan ibarat steroid dan beberapa obat yang digunakan untuk mengobati sakit maag dan kanker juga bisa menyebabkan kepadatan tulang menurun sehingga terjadi Osteoporosis pada Pria

Ringkasan:
  • Pria akan lebih banyak menderita Osteoporosis pada usia diatas 50 tahun,
  • Setiap tahun seorang pria akan mengalami penurunan kepadatan tulang antara 0,5 – 1 %.
  • Penyebab Osteoporosis pada Pria yakni usia, hilangnya hormon testosterone, kurang kalsium dan vitamin D, rokok, alkohol dan mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Osteoporosis pada Pria"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel