Perbedaan Efek Samping Vaksin Palsu dengan Asli

Demam
Demam merupakan efek samping yang umum terjadi setelah balita melaksanakan imunisasi. Hal ini terutama apabila Buah hati anda melaksanakan vaksin DPT (difteri, pertusis, tetanus). Kondisi ni juga sering menjadi  alasan sejumlah orangtua untuk memilih jenis vaksin DPT impor diketahui tidak menimbulkan demam setelah Imunisasi.

Menurut penjelasan Profesor dr Kusnandi Rusmil, SpA(K) selaku Kepala Divisi Tumbuh Kembang Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, demam disebabkan karena kandungan pertusis pada vaksin DPT jenis whole cell atau vaksin yang menggunakan seluruh sel basil yang telah dilemahkan.

Setelah dilakukan penelitian, vaksin DPT aseluler memang tidak menimbulkan demam atau setidaknya hanya risiko demam yang ringan. Namun, penelitian lebih lanjut menunjukkan, vaksin DPT aseluler bisa menimbulkan anak kembali terkena pertusis ketika dewasa.

Imunisasi vaksin aseluler memang bisa menunjukkan kekebalan yang lebih tahan lama terhadap tubuh. Sehingga memang vaksin DPT aseluler sebaiknya diulang setelah beberapa tahun. Dan untuk Vaksinasi ulang yang bertujuan untuk meningkatkan kekebalan dikenal dengan istilah booster.

Program vaksin di Indonesia, menggunakan vaksin jenis whole cell buatan PT Bio Farma di Bandung, Jawa Barat. Sedangkan, Vaksin DPT aseluler yang digunakan merupakan produk impor, yang tentu lebih mahal karena hingga sekarang Bio Farma belum memproduksi vaksin aseluler. Dan kemampuan vaksin whole cell maupun aseluler untuk membuat badan kebal terhadap penyakit tersebut pun sama baiknya.

Perbedaan kandungan vaksin dan metode pembuatannya, maka tentu vaksin aseluler tentu memiliki harga lebih mahal dibanding whole cell karena memang harus di import. Dan karena harga yang mahal dan belum diproduksi di dalam negeri. Cukup sulit bagi pemerintah Indonesia apabila harus menunjukkan vaksin DPT aseluler untuk sekitar 5 juta bayi yang lahir setiap tahunnya.

Ringkasan:
  • Demam pada anak kecil yang menerima imunisasi merupakan hal yang wajar,
  • Imunisasi yang sering membuat anak deman yaitu imunisasi vaksin DPT.
  • Jenis vaksin DPT ada dua yaitu vaksin aseluler dan vaksin DPT.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Efek Samping Vaksin Palsu dengan Asli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel