Peran Ayah dalam Pertumbuhan Anak

Peran Ayah dalam Pertumbuhan Anak di masa modern tidak kalah besar dibandingkan dengan tugas Bunda. Meski memang, usia bawah umur tentu akan cenderung lebih memilih Bunda alasannya yakni adanya ikatan fisik yang besar lengan berkuasa ketika 9 bulan di dalam kandungan. Namun anda perlu tahu bahwa pertumbuhan fisik, intelektual dan emosional seorang anak akan lebih banyak dipengaruhi oleh ayah.

Sosok ayah akan menawarkan sesuatu yang berbeda kepada anak dari ibunya. Sebagai contoh, anak laki-laki akan menyebabkan ayahnya panutan supaya mereka bisa berperilaku sebagai seorang laki-laki. Sedangkan anak perempuan melihat sosok ayah untuk melihat bagaimana bersosialisasi dengan dunia pria.

Penelitian menandakan bahwa sosok ayah berperan sangat penting dalam pertumbuhan anak. Hal ini dikarenakan Anak akan mempunyai kompetensi kognitif (fungsi otak) sehingga cenderung lebih berhasil dalam akademiknya. Anak-anak juga akan lebih menikmati sekolah dan aktif dalam acara ekstrakulikuler. Anak dengan pengasuhan ayah yang baik akan tumbuh menjadi anak yang tidak terlalu agresif, memiliki kepercayaan diri yang baik, dan mempunyai duduk perkara gangguan perilaku yang lebih rendah.

Anak yang tumbuh dalam tugas aktif ayahnya dalam pengasuhan juga akan lebih tahan menghadapi stres dan frustasi, serta kemampuannya menyelesaikan duduk perkara dan mengikuti keadaan lebih baik. Pertumbuhan Anak dengan kehadiran ayah di rumah juga lebih jarang mengalami duduk perkara emosional yang memicu untuk melaksanakan kekerasan di ketika usianya dewasa.

Baik atau tidaknya hubungan sosial anak di masa depan juga dipengaruhi oleh sosok ayah. Hal ini diketahui dari penelitian, dimana anak laki-laki dengan anak yang kurang respek pada istri akan tumbuh menjadi anak yang lebih bernafsu pada perempuan, sementara pada anak perempuan akan cenderung terjebak dalam korelasi tidak sehat dengan pria di ketika dewasa.

Apabila seorang anak tidak medapatkan sosok ayah dalam pertumbuhannya, Bagi anak perempuan akan cenderung untuk menikah muda. Peran Ayah dalam keluarga yakni sebagai sosok pelindung, baik fisik maupun emosional, atau pelindung dari bahaya kekerasan atau bullying.

Ringkasan:
  • Sosok ayah berperan sangat penting dalam pertumbuhan anak termasuk pertumbuhan fungsi otak,
  • Anak dengan sosok ayah yang baik akan lebih percaya diri, penyabar, mudah bersosialisasi dan lebih cerdas,
  • Dalam keluarga sosok ayak yakni sebagai pelindung fisik dan emosional.

Belum ada Komentar untuk "Peran Ayah dalam Pertumbuhan Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel