Tips Memasak yang Benar supaya Gizi Makanan tidak Hilang

Proses
Memasak makanan memang mampu dengan beragam cara, mampu di goreng, dikukus, dipanggang, direbus, dikukus, atau dibakar. Proses pemasakan dilakukan biar makanan menjadi matang, lebih nikmat dan tentu mematikan bibit penyakit yang mungkin menempel pada makanan.

Proses memasak yang tidak benar mampu mengurangi kadar gizi makanan atau bahkan malah berbahaya untuk kesehatan. Pada kesempatan ini Tips Kesehatan Keluarga Bunda akan menunjukkan tips kepada anda bagaimana Memasak biar Gizi Makanan tidak Hilang, yang diantaranya adalah:

Memasak makanan dengan menggoreng, harus memperhatikan suhu minyak. Jangan hingga suhu minyak tidak melewati titik asap dan jangan hingga terlalu kering (gosong), sehingga tidak merusak kandungan protein makanan yang anda goring.

Merebus sayur sebaiknya cukup hingga setengah matang biar vitamin dan mineral tidak ikut larut dalam air. Untuk selanjutnya air rebusan mampu dimanfaatkan untuk materi kaldu ayam atau kuah sup.

Memanggang daging, sebaiknya masukkan dulu ke dalam microwave hingga agak matang. Hal ini bertujuan biar tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memanggang. Anda tentu tahu memanggang daging terlalu lama akan menunjukkan dampak tidak baik untuk ksehatan, menyerupai memicu amina heterosiklis.

Menumis makanan biar tetap bergizi, sebaiknya dengan memasak cepat dan dengan cuilan yang kecil dan tipis. Gunakan sedikit lemak/minyak dalam wajan antilengket dan atas api sedang. Memasak dengan menumis memang sebaiknya sebaiknya dengan menggunakan api sedang dan diaduk-aduk terus menerus. Hal ini bertujuan biar makanan tetap renyah tanpa harus menggunakan banyak minyak.

Pembakaran kudapan manis dalam oven sebaiknya ditutup menggunakan kertas roti untuk menutupi loyang kudapan manis sebelum pemanggangan sebagai pengganti mentega.  Cara memasak ini akan membuat makanan lebih sehat sekaligus meminimalkan penggunaan lemak yang tentu tidak baik untuk kesehatan.

Ringkasan:
  • Memasak makanan dengan cara tidak benar mampu mengurangi kadar gizi makanan bahkan berbahaya untuk kesehatan,
  • Menggoreng makanan sebaiknya dengan kondisi minyak yang tidak terlalu panas atau hingga minyak keluar asap,
  • Memanggang Daging dalam bara api yang terlalu lama mampu menimbulkan amina heterosiklis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memasak yang Benar supaya Gizi Makanan tidak Hilang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel